INSTAGRAM SEBAGAI RUANG KOMUNIKASI VIRTUAL ANTARA PEMIMPIN DAERAH DENGAN PUBLIK PADA SAAT PANDEMI COVID-19

  • Lilik Darmawan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis komunikasi yang dilakukan Bupati Banyumas Achmad Husein melalui akun @ir_achmadhusein dengan mendeskripsikan komunikasi antara Bupati Banyumas dengan masyarakat di ruang publik virtual. Serta menganalisis isi pesan yang disampaikan oleh Bupati Banyumas dan masyarakat dalam ruang virtual di akun Instagram dalam kurun waktu Maret hingga Juni 2020. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif terhadap akun Instagram Bupati Banyumas Achmad Husein @ir_achmadhusein dengan metode virtual etnografi. Dalam penelitian ini, penulis melakukan pengamatan akun Instagram Bupati Banyumas dan interaksiny dengan pengikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bupati Banyumas menggunakan fitur-fitur yang ada di Instagram untuk memberikan sosialisasi dan informasi terkait Covid-19 kepada masyarakat.

Published
2021-04-27
How to Cite
DARMAWAN, Lilik. INSTAGRAM SEBAGAI RUANG KOMUNIKASI VIRTUAL ANTARA PEMIMPIN DAERAH DENGAN PUBLIK PADA SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 17, n. 1, apr. 2021. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/3079>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3079.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.