TY - JOUR AU - Adyarahma, Rasya PY - 2022 TI - KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SEKOLAH LUAR BIASA RISANTYA BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 JF - Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna; Vol 18 No 2 (2022) DO - 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5728 KW - N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya untuk menyesuaikan kegiatan pembelajarannya dengan berbagai pertimbangan yang muncul terkait kebutuhan siswa selama masa pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran yang dilakukan untuk siswa autis pada tingkat SD di Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya pada masa pandemi COVID-19; (2) alasan dipilihnya metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Narasumber tersebut terdiri dari seorang kepala sekolah, satu orang guru, dan dua orang tua siswa. Penelitian ini didukung oleh Teori Interaksi Simbolik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses komunikasi pembelajaran di Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya dilakukan melalui BDR (Belajar dari Rumah) dan program pengembangan diri. Dengan adanya dua kegiatan tersebut, guru dan orang tua berperan sebagai pendidik bagi siswa. Guru dan orang tua memerlukan kemampuan menyampaikan komunikasi verbal dan nonverbal dengan baik. Pembelajaran dilakukan dalam level komunikasi antarpribadi, berlangsung secara adaptif dan menggunakan diferensiasi instruksi sesuai kemampuan tiap siswa. (2) Metode pembelajaran yang digunakan menjadi pilihan karena adanya aspirasi dari orang tua terkait kegiatan pembelajaran siswa di tengah pandemi COVID-19. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/5728