TY - JOUR AU - Fahlevy, Rafael Reza AU - Nugroho, Widyo PY - 2018/10/30 TI - STUDI SEMIOTIKA VIDEO KAMPANYE “AHOK PASTI KALAH” JF - Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna; Vol 14 No 2 (2018)DO - 10.20884/1.actadiurna.2018.14.2.1341 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam video Cameo Project yang berjudul “Ahok Pasti Kalah”. Video yang di unggah pada tanggal 9 februari 2017 yang merupakan bentuk kampanye untuk mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot dalam pemilihan umum calon Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Semiotika Saussure mengemukakan bahwa penanda ( signifier) adalah simbol yang terdapat pada semua pesan yang disampaikan dan tanda itu sendiri pasti memiliki makna atau disebut petanda ( signifier). Hasil analisis yang ditemukan peneliti antara lain, adanya penggunaan Clickbait pada pemberian judul dengan tujuan menaikan views, serta pesan yang terkandung dalam video Ahok Pasti Kalah yaitu pencitraan positif Ahok sebagai Gubernur yang dibutuhkan oleh masyarakat DKI Jakarta. UR - http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/1341